Search

Erick Thohir Siapkan Pengganti Bos Mandiri dan Inalum - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan menyiapkan pengganti Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Wakil Menteri (Wamen) BUMN.

Erick menjelaskan bakal berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo untuk mencari pengganti pucuk pimpinan perusahaan pelat merah tersebut. Lebih lanjut, pihaknya akan menyiapkan masing-masing tiga kandidat untuk mengisi jabatan direktur utama (Dirut) di kedua perusahaan itu.

"Nanti, tetap harus dikonsultasikan kepada Pak Presiden. Pasti masing-masing posisi untuk satu posisi kan tiga. Nanti ditentukan mana yang terbaik, dilihat track record-nya, dilihat juga hal-hal yang lain nanti dipilih," kata Erick kepada awak media di Gedung PUPR, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).


Erick mengatakan jabatan tersebut akan ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Khusus Bank Mandiri, RUPSLB-nya sudah dijadwalkan.

"Kalau Bank Mandiri sudah mau RUPS. Ada prosesnya, kalau tidak malah menyalahi," kata Erick.

Erick mengatakan perusahaan dengan status tbk memiliki proses 45 hari untuk penunjukan direksi. Erick juga menjelaskan akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk membicarakan berbagai perubahan di bank BUMN.

Erick bilang ingin membentuk tim profesional dan memiliki visi yang sama dengan pemerintah.

"Jangan sampai nanti dibilang tidak ada koordinasi. Dirut juga harus menjadi bagian sinergisitas yang tidak hanya di tingkat kementerian, tapi juga ekosistem swasta," katanya.

Jokowi resmi mengumumkan 12 tokoh yang menjadi wakil menteri di sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju. Mayoritas wakil menteri ini duduk di kementerian yang berkaitan dengan sektor ekonomi.

Diketahui Kartika menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri sejak 2015 sedangkan Budi menjabat Dirut Inalum sejak 2017. Keduanya mengaku siap mengundurkan diri dari posisinya untuk menjadi Wamen BUMN.
[Gambas:Video CNN] (jnp/fea)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
October 27, 2019 at 02:17PM
https://ift.tt/32RRCYK

Erick Thohir Siapkan Pengganti Bos Mandiri dan Inalum - CNN Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Thohir Siapkan Pengganti Bos Mandiri dan Inalum - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.