Search

Suku Bunga Turun Dikit, Trump Ngamuk! Nyinyirin Fed Gagal - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden AS Donald Trump kembali mengkritik bank sentral The Federal Reserve. Dalam Twitternya @realDonaldTrump, ia menuding The Fed penakut.

"Jay Powel dan The Federal Reserve Gagal Lagi. Tak "Berani", Tak Punya Sense, Tak Ada Visi! Komunikator yang Buruk!," tulisnya dalam akun Twitternya sebagaimana dilansir CNBC Indonesia, Kamis (19/9/2019).

Ungkapan trump itu terjadi setelah The Fed memangkas suku. bunga sebesar seperempat poin atau sekitar 25 basis poin (bps). Meski sudah diturunkan sesuai keinginannya Trump sepertinya tak puas.


Pasalnya pekan lalu, Trump terang-terangan meminta The Fed menurunkan suku bunga ke 0 bahkan teritori negatif. Ini yang dilakukan bank sentral lain seperti ECB atau Bank Jepang untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Tingkat suku bunga Fed (fed fund rate/FFR) kini ada di kisaran 1,75% hingga 2%. Suku bunga ini mengendalikan biaya hipotek, kartu kredit dan pinjaman lainnya.


Dalam sambutannya pada konferensi pers hari Rabu, pemimpin The Fed Jerome Powell juga mengatakan The Fed memproyeksikan ekonomi tetap kuat dan inflasi tetap di sekitar target 2%. Dia mengatakan satu atau dua langkah pemotongan kecil bisa saja terjadi di masa depan.

Namun, ia mengisyaratkan tidak akan perlu ada pemotongan suku bunga lagi dalam beberapa bulan ke depan. "Umumnya peserta Fed berpikir ini akan dicapai dengan penyesuaian sederhana pada fed fund rate. Jika ekonomi benar-benar turun, maka serangkaian pemotongan suku bunga yang lebih luas bisa tepat. (Tapi) kami tidak melihat itu. Kami tidak memproyeksikan begitu," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 19, 2019 at 08:05AM
https://ift.tt/34MeSZo

Suku Bunga Turun Dikit, Trump Ngamuk! Nyinyirin Fed Gagal - CNBC Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suku Bunga Turun Dikit, Trump Ngamuk! Nyinyirin Fed Gagal - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.