Search

Percaya HMSP & GGRM Naik? Sudah Hilang Puluhan Triliun Lho - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) ditutup menguat pada perdagang kemarin. Namun kejatuhan harga saham kedua produsen rokok terbesar tersebut, masih belum bisa mengembalikan dana yang menguap.

Pada perdagangan kemarin, harga saham HM Sampoerna naik 1,75% ke level Rp 2.330/unit. Sementara saham Gudang Garam saat ditutup hanya naik tipis 0,05% ke level Rp 54.625/unit.


Upaya untuk mengangkat balik kedua saham tersebut tampaknya tak terlalu kuat. Investor masih ragu dengan prospek kinerja, apalagi pemerintah tak bergeming dengan sejumlah permintaan dari para pengusaha dan kelompok masyarakat yang ingin menunda kenaikan cukai rokok 23%.

Berapa sebenarnya hilang nilai kapitalisasi kedua saham ini yang hilang jika dihitung dari harga penutupan pekan lalu, dengan penutupan harga perdagangan kemarin.

Akhir pekan lalu, nilai kapitalisasi HMSP tercatat sebesar Rp 325,69 triliun pada harga per unit Rp 2.800. Lalu nilai kapitalisasi saham HMSP berkurang menjadi Rp 271,02 triliun.

Artinya potensial loss yang bisa dihitung dari penurunan harga saham HMSP tersebut mencapai Rp 54,67 triliun.

Lalu bagaimana dengan GGRM, per akhir pekan lalu nilai kapitalisasi saham perusahaan rokok ini mencapai Rp 132,38 triliun. Kemarin sudah berkurang menjadi Rp 105,10 triliun.

Artinya nilai kapitalisasi saham GGRM sudah tergerus sebanyak Rp 27,27 triliun. Nilai yang sangat besar.

BERLANJUT KE HAL 2

(hps/sef)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
September 18, 2019 at 06:48AM
https://ift.tt/31wo8Po

Percaya HMSP & GGRM Naik? Sudah Hilang Puluhan Triliun Lho - CNBC Indonesia
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Percaya HMSP & GGRM Naik? Sudah Hilang Puluhan Triliun Lho - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.