Search

Tenang, Pasar Modal RI Sudah 'Kebal' Krisis - detikFinance

Jakarta -

Sejak wabah virus corona menyebar, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus merosot. IHSG dari awal tahun sudah turun lebih dari 31%.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku penjaga pasar modal mengimbau pelaku pasar agar tidak perlu panik menghadapi situasi saat ini. Sebab pasar modal RI sudah berkali-kali menghadapi krisis dan kembali bangkit.

"Kita sudah terlatih atau sudah kebal atau terbiasa dalam kondisi krisis. Tinggal kita bagaimana menghadapinya bersama-sama. Sehingga kita bisa survive. Jangan sebarkan pesimisme kita optimis saja. Kita bergandengan tangan," kata Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 Goklas Tambunan dalam live instagram BEI bertajuk Tanya IDX, Rabu (18/3/2020).

Pasar modal Indonesia memang beberapa kali dihantam badai yang begitu besar seperti krisis. Contohnya pada krisis keuangan 2008, selama 1 tahun IHSG turun sekitar 50%.


Bahkan pada 8 Oktober 2008, BEI pernah menghentikan sementara perdagangan lantaran IHSG anjlok hingga 10,38% ke posisi 1.451. Periode itu kemudian dikenal sebagai Black Wednesday.

Tapi badai pasti berlalu. Setiap tahun yang berat, di tahun berikutnya IHSG akan rebound dengan lonjakan yang cukup tinggi. Pada 2009 misalnya IHSG sepanjang tahun naik hingga lebih dari 80%.

Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
March 18, 2020 at 03:41PM
https://ift.tt/2xbEkuX

Tenang, Pasar Modal RI Sudah 'Kebal' Krisis - detikFinance
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tenang, Pasar Modal RI Sudah 'Kebal' Krisis - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.