
Bila dibandingkan dengan tahun lalu, angka penjualan tahun ini meningkat sekitar 22%. Pada hari Singles Day tahun lalu, pendapatan Alibaba dalam satu jam pertama sebesar 69 miliar yuan atau sekitar Rp 138 triliun. Sedangkan untuk penjualan total Alibaba melalui platformnya selama festival Singles Day mencapai nilai $ 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun.
Melansir dari CNBC, Senin (11/11/2019), Berdasarkan keterangan Alibaba, nilai penjualan mencapai angka US$ 1 miliar pada satu menit delapan detik pertama setelah dibukanya acara tersebut. Raksasa e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma ini memulai acaranya dengan pertunjukan oleh bintang pop Amerika Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee.
Tahun ini merupakan pertama kalinya Hari Singles Day Alibaba tanpa Jack Ma yang telah mengundurkan diri pada bulan September lalu. Meski demikian Alibaba terus mendominasi industri belanja online.
Di China, kini festival belanja Singles Day tidak hanya dirayakan oleh Alibaba seorang. Saingannya JD.com dan e-commerce startup Pinduoduo ikut memeriahkan persaingan pasar retail online.
Sebagai catatan, Festival Singles Day atau lebih dikenal dengan istilah 'Double Eleven' ini, merupakan festival belanja online di China yang pertama kali dipromosikan oleh Ketua dan CEO Alibaba Daniel Zhang sejak 2009. Di Indonesia sendiri, dengan tanggal yang sama (11/11) merayakan festival belanja online dengan nama harbolnas (hari belanja online nasional).
Simak Video "Wuiw! Partisipasi Masyarakat di Harbolnas Tahun Ini Naik 46%"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Bisnis - Terkini - Google Berita
November 11, 2019 at 11:16AM
https://ift.tt/34NxiIl
Wow! Belanja Online di Alibaba Tembus Rp 168 T Dalam 1 Jam! - Detikcom
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Wow! Belanja Online di Alibaba Tembus Rp 168 T Dalam 1 Jam! - Detikcom"
Post a Comment