Search

Racikan Erick Thohir untuk Direksi Baru Garuda Sudah Pas? - detikFinance

Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menunjuk Irfan Setiaputra sebagai direktur utama (dirut) dan Triawan Munaf sebagai komisaris utama (komut) Garuda. Apakah susunan terbaru di tubuh Garuda sudah pas?

Pengamat Penerbangan Alvin Lie menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pasti sudah memperhitungkan dengan cermat dalam menempatkan sejumlah figur di maskapai pelat merah itu.

"Saya tidak mau menilai kapabilitas per orang. Tentunya Menteri BUMN memilih itu sudah mempertimbangkan rekam jejaknya, dan juga mempertimbangkan tantangan yang dihadapi. Kalau kita mempertanyakan kapabilitas berarti kita mempertanyakan juga Menteri BUMN," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Dirinya pun tak mempermasalahkan dirut Garuda diisi oleh Irfan yang latarbelakang jabatannya adalah eks Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI.

"Seorang direktur utama itu tidak terlalu berpengaruh di bidang mana dia bergerak, bidang bisnisnya, karena yang dicari adalah kemampuannya memimpin perusahaan, merancang strategi secara umum," ujarnya.

Sementara hal-hal teknis terkait Garuda maupun industri penerbangan, menurutnya direktur utama bisa dibantu oleh direktur, manajer hingga tim ahli yang membidangi hal terkait.


"Untuk sisi teknisnya bisa didukung oleh direktur-direktur lain, manajer, tim ahli dan sebagainya yang memahami aspek teknis dan detail operasi bidang usaha tersebut," lanjutnya.

Begitu pula untuk posisi komisaris utama yang diisi oleh Triawan Munaf, eks Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Dia yakin Erick Thohir sudah mempertimbangkan kemampuannya.

"Pak Triawan Munaf ini juga sudah berpengalaman. Fungsi komisaris adalah mengawasi direksi, mengawasi kinerja perusahaan, mengawasi strategi dan kebijakan direksi. Tentunya Menteri BUMN memilih Pak Triawan ini juga sudah dengan mempertimbangkan rekam jejak beliau," tambahnya.

Susunan komisaris dan direksi baru Garuda Indonesia di halaman selanjutnya.

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
January 22, 2020 at 12:54PM
https://ift.tt/2RExRPT

Racikan Erick Thohir untuk Direksi Baru Garuda Sudah Pas? - detikFinance
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Racikan Erick Thohir untuk Direksi Baru Garuda Sudah Pas? - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.