Search

Erick Thohir Mau Lebur 106 Hotel BUMN, Ini Kendalanya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin melebur hotel-hotel milik perusahaan atau anak perusahaan BUMN. Ternyata, konsolidasi hotel-hotel tersebut harus melalui proses yang cukup rumit.

Sejauh ini sudah terdata sebanyak 106 hotel yang akan dilebur. Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero)/HIN, Iswandi Said, menjelaskan bahwa hotel-hotel itu punya karakteristik dan standar beragam, baik dari segi pengelolaan maupun layanannya. Sehingga Kementerian BUMN perlu melakukan kajian.

"Itu yang akan dilihat, karena masing-masing hotel punya strategi dan juga hotel yang sudah ada kondisinya beda-beda," kata Iswandi Said di kantor Kementerian BUMN, Kamis (30/1/20).


Dia memaparkan, ada perusahaan BUMN yang membentuk anak usaha khusus untuk mengelola hotel tersebut. Artinya, operator hotel masih di bawah kendali penuh BUMN yang bersangkutan.

Di sisi lain, ada hotel milik perusahaan pelat merah yang pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga. Meski tak menyebut nama perusahaannya, namun dia bilang ada konsesi pengelolaan hotel milik BUMN yang diserahkan ke operator asing.

"Dia yang punya tapi dikasih ke operator asing. Ada juga yang benar-benar dikelola sendiri, sebagai unit sendiri di perusahaan itu," katanya.

Dengan kondisi demikian, skema-skema yang akan diterapkan bisa berbeda-beda untuk tiap hotel. Ini yang masih dikaji hingga bulan Juni 2020 mendatang.

"Kita kaji. Apa ini perlu ada spin off (dipisah) dulu dari mereka, dilepas-lepaskan. Ini kan saya belum bicara mana yang paling tepat karena ada beberapa opsi. Ini yang lagi dikerjakan Mandiri Sekuritas yang kita minta untuk kaji," katanya.

Kajian tersebut tidak hanya pada aspek bisnis, tetapi juga aspek hukum. Menurutnya, dalam setiap skema peralihan, mulai dari aset, saham, atau pindah operator, maka ada konsekuensi hukum yang berbeda-beda.

"Satu per satu itu berbeda masing- masing hotel. Kalau misalnya dia kontrak dengan operator luar negeri kan harus cek dulu seperti apa. Apalagi kalau kontrak 10 tahun. Ada nggak ruang untuk terminasi," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
January 30, 2020 at 03:19PM
https://ift.tt/2OamNJq

Erick Thohir Mau Lebur 106 Hotel BUMN, Ini Kendalanya - CNBC Indonesia
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Erick Thohir Mau Lebur 106 Hotel BUMN, Ini Kendalanya - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.